DONOR DARAH GEMILANG OPEN HOUSE SD AL IRSYAD 02 PURWOKERTO

IMG-20160302-WA0005_1
KITA SEHAT MEREKA SELAMAT

Bekerjasama dengan PMI Kabupaten Banyumas, SD Al Irsyad Al Islamiyah memberi kesempatan kepada walimurid,seluruh guru dan seluruh pengunjung serta masyarakat di lingkungan sekitar untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan donor darah yang sarat dengan unsur sosial dan kemanusiaan ini. Mulai pukul 08.00 – pukul 11.00 WIB, para pendonor yang ingin mendonorkan darahnya berdatangan ke ruang UKS. Di antara banyak pendonor yang sudah rutin melakukan donor darah, terlihat beberapa pendonor baru yang agak gugup karena menjadi donor merupakan pengalaman baru bagi mereka. Namun setelah selesai proses pengambilan darah, para donor baru dengan mantap mengatakan ingin rutin melakukan donor darah karena prosesnya tidak menakutkan sama sekali, berbeda dengan apa yang mereka bayangkan sebelumnya.
IMG-20160302-WA0007_1Mengenai proses donor darah, pertama-tama calon donor harus mengisi formulir identitas dan riwayat kesehatan yang selanjutnya diserahkan kepada petugas untuk dibuatkan kartu donor. Bagi calon donor yang telah memiliki kartu donor, cukup dengan menyerahkan kartu donornya. Kemudian petugas dari PMI akan mengambil sampel darah untuk pengecekan golongan darah dan kadar Hemoglobin. Dilanjutkan dengan pengecekan tekanan darah dan kondisi kesehatan oleh dokter. Para calon donor yang telah memenuhi syarat kesehatan, dipersilakan menunggu untuk dilakukan pengambilan darah. Setelah proses pengambilan darah selesai, donor akan mendapatkan hidangan ringan dan vitamin serta kartu donor yang telah diisi tanggal donor oleh petugas.

IMG-20160302-WA0008_1Donor darah merupakan suatu kegiatan yang positif. Dari sudut medis menyumbang darah baik bagi kesehatan. Selain itu, donor darah akan membantu menurunkan risiko terkena serangan jantung,meningkatkan sel darah merah,mencegah stroke dan meningkatkan kesehatan psikologis.

Kepala Sekolah Abdul Qohin M.Pd.I menyampaikan “Kepada para pendonor Darah keluarga SD Al Irsyad Al Islamiyah 02 ,secara khusus saya ucapkan terima kasih, semoga amal baik yang telah dipersembahkan memperoleh pahala dari Allah SWT, dan darah yang disumbangkan bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan darah” (Yeni Kusumawati,AMK)

Leave a Reply

Name *
Email *
Website